Tuesday, October 24, 2023

Lilin - Tamzil Penciptaan Makhluk berdasarkan Dzat nya

Secara garis besar, makhluk utama yang diciptakan Allah terdiri atas Azazil (Iblis), Malaikat, Jin, dan Manusia.

Keempatnya dibedakan berdasarkan dzat awal pada penciptaannya maupun awal kelahirannya. Maksudnya, jika anda diciptakan pertama kasli sebagai jin, maka anda pada dasarnya ditakdirkan sebagai jin. Jika anda dilahirkan pertama kali sebagai jin, maka anda ditakdirkan sebagai jin.

Pada proses berikutnya, jika anda diizinkan Allah/ dimampukan Allah untuk berpindah alam, maka anda akan memiliki sifat dzat di alam barunya.

Semisal seorang yang awalnya jin, kemudian mewujudkan diri menjadi manusia, maka segala sesuatu dari tubuhnya bisa dibendakan atau memiliki sifat-sifat alam dunia. Jin yang berubah bentuk atau mewujudkan diri ke alam manusia biasa disebut dengan siluman.

Kembali ke bahasan awal, makhluk yang empat itu, bisa ditamzilkan penciptaannya seperti sebuah lilin yang menyala.

Energi tertinggi sekilas terlihat dimiliki oleh Azazil / Iblis, dia tercipta dari api. Panas dan menjadi sumber energi bagi sekitarnya.

Api jika menyala akan menerangi sekelilingnya atau memancarkan cahaya, dari cahaya inilah malaikat tercipta. 

Lilin yang terbakar menjadi api, menciptakan plasma atau asap, dari sinilah jin diciptakan.

Azazil menyadari proses penciptaannya tersebut, sehingga dia merasa memiliki energi tertinggi melebihi semua makhluk. Pada masa lalu bahkan Allah menjadikannya pemimpin para malaikat.

Kedekatan dengan Allah, ribuan tahun beribadah, membuat dia merasa paling tinggi tingkatannya. Waktu demi waktu mulai timbullah kesombongannya.

Manusia saat itu belum diciptakan. Kemudian karena ketinggian hati Azazil, Allah mulai merasa tidak nyaman. Kemudian Dia menguji azazil dengan menciptakan makhluk dari sari pati tanah. Dzat dengan potensi energi paling tinggi, tetapi tertutupi oleh keadaan dzatnya. Jika ditamzilkan, maka manusia tercipta cari lilin sumber energi dari azazil itu sendiri. Karena hakekatnya, tanpa ada lilin, apipun tidak akan bisa menyala.

Demikianlah, setelah manusia Adam diciptakan, untuk menguji ketaatan makhluknya, Allah menyuruh semua makhluk bersujud kepada Adam. Semua makhluk taat, kecuali azazil. Ketidaktaatan azazil karena kesombongannya, menyebabkan Allah murka dan mengutuk nya menjadi iblis. Makhluk dengan bentuk yang buruk, lalu mengusirnya dari surga.

Wallahu A'lam Bishawab


Lilin - Tamzil Penciptaan Makhluk berdasarkan Dzat nya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Kabhumian

0 komentar:

Post a Comment