Sunday, February 19, 2023

Perbedaan Makhluk Allah

Seperti kita ketahui, makhluk Allah itu banyak macamnya. Secara garis besar bisa dikategorikan sebagai berikut : Manusia, Malaikat, Jin, Iblis, Hewan, Tumbuhan dan benda mati.

Mari kita bahas empat makhluk utama, yaitu Manusia, Malaikat, Jin, Iblis dan apa yang membedakannya.

1. Iblis : Tercipta dari Api (energi), memiliki nafsu, memiliki logika (pemikiran).

2. Malaikat : Tercipta dari cahaya, tidak memiliki nafsu, memiliki logika (pemikiran).

3. Manusia : Tercipta dari saripati tanah, memiliki nafsu, memiliki logika (pemikiran), memiliki akal

4. Jin : Tercipta dari Asap (plasma), memiliki nafsu, memiliki logika (pemikiran).

Jika dilihat dari penggolongan diatas, perbedaan utama antar makhluk tersebut adalah zat penciptaannya, keberadaan nafsu, dan kepemilikan akal.

Apa perbedaan pemikiran (logika) dan akal ?

1. Logika selalu dikaitkan dengan hubungan sebab akibat. 

2. Akal lebih luas dari itu, selain terkait hubungan sebab akibat, akal juga terkait dengan banyak hal seperti intuisi, kreatifitas, inisiatif, perasaan, dan lain-lain.

Itulah kenapa Allah memerintahkan manusia untuk menjadi khalifah diatas muka bumi, bukan makhluk yang lain. Walaupun manusia yang tidak bermoral bisa merusak bumi, tetapi manusia bermoral bisa membuat bumi menjadi lebih baik.

Sudah terbukti selama ratusan ribu tahun, surga dilangit berjalan sesuai perintah Allah, bukan atas inisiatif para malaikat. 

Sementara bumi berkembang karena Allah telah meletakkan sunatullah, hukum hukum alam. Yang ketika dimanfaatkan (ditemukan) manusia, mereka menggunakan untuk membangun dunia ini.

Akan tetapi, manusia ditugaskan di dunia ini terbatas masanya, selain dibatasi oleh lahir & mati, juga dibatasi oleh adanya kiamat. Manusia yang tidak menyadari itu, terlena dengan kehebatan sunatullah di dunia, lupa bahwa dunia ini fana, terjebak oleh keindahan dunia sehingga lupa mempersiapkan diri kembali ke sisi Tuhannya.

Akan tetapi pemisahan logika dan akal akan sulit untuk dibedakan atau dijelaskan secara gamblang. Sehingga akan lebih mudah mengatakan bahwa iblis, malaikat dan manusia juga memiliki akal. Tetapi akal yang dimiliki manusia lebih unggul daripada makhluk lainnya. 

Ini dibuktikan ketika Allah menguji makhluk-makhluk tersebut, adam menjadi pemenangnya. Kemenangan ini tidak menyebabkan azazil mengakui kelebihan manusia, tetapi membuat dia tetap memandang dirinya lebih tinggi karena diciptakan dari zat yang lebih tinggi, yaitu api (energi).


Wallahu A'lam Bishawab.




Perbedaan Makhluk Allah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Kabhumian

0 komentar:

Post a Comment