Wednesday, July 31, 2019

Lebih Tua Sunda atau Jawa ?

Pertanyaan ini harus dijawab dengan bijak, karena jika tidak akan mengarah pada perdebatan tak berujung. Yang pasti harus dilihat dari sisi mana dulu kita memandang permasalahan ini.

Secara geografis, yang dikatakan Sunda adalah daerah Jawa Barat saat ini, sedangkan yang dikatakan sebagai Jawa adalah daerah jawa Tengah & Jawa timur.

Mari kita tinjau permasalahan didasarkan pada sudut pandang kewilayahan ini.

1.Manusia Purba

Manusia purba tertua di Indonesia yang telah diakui oleh dunia keberadaannya berada di daerah Sangiran Jawa Tengah. Bahkan daerah Sangiran sudah diakui sebagai situs warisan dunia UNESCO karena penemuan ini, yang dikenal sebagai Homo Erectus, 'manusia yang berdiri tegak'. Berusia sekitar 1 juta tahun.

Di daerah Jawa Barat, memang ditemukan banyak peninggalan purbakala. Namun belum ditemukan fosil manusia purba dengan usia setua yang ditemukan di daerah sangiran. Walaupun memang ditemukan benda purbakala yang usianya diduga lebih tua dari benda purba yang ada di sangiran, tetapi belum ada penelitian lebih lanjut mengenai hal ini.

Apakah berarti Jawa Lebih tua ? Belum tentu. Mungkin saja karena belum ditemukan atau tidak bisa ditemukan.

Yang harus diingat, Indonesia berada di 'ring of fire', daerah yang sering dilanda bencana. Tuanya usia fosil yang ditemukan dan penemuan dalam jumlah relatif banyak, bisa mengindikasikan bahwa daerah tersebut dulunya adalah daerah yang stabil dan tidak banyak terjangkau bencana dalam waktu lama. Seperti halnya Sangiran.

Daerah Sunda, terutama daerah Selat Sunda, adalah daerah yang kerap dilanda bencana, baik gunung api, tsunami, gempa bumi dan tanah longsor. Yang bisa memusnahkan berbagai bukti peradaban.


geoenviron.blogspot.com

2. Kerajaan Awal

Dari tulisan sekunder, legenda, cerita rakyat, disebutkan bahwa kerajaan Salakanagara merupakan kerajaan tertua di ujung pulau Jawa sebelah barat.

Namun, yang melemahkan klaim Salakanagara adalah bukti fisik terkait asal-muasal kerajaan ini sangat minim.

Sumber luar yang ada adalah dari Claudius Ptolemaeus, yang pernah menyebut suatu tempat bernama Argyre dalam bukunya, Geographia, yang ditulis kira-kira abad 2M. Namun, apakah benar Argyre adalah Salakanagara ?

Sumber lain berasal dari naskah Wangsakerta yang digarap oleh semacam panitia riset dari Kesultanan Cirebon. Konon disusun selama 21 tahun dan selesai pada 1698, ribuan tahun jaraknya dari masa Kerajaan Salakanagara.

Bagaimanapun juga sampai saat ini, bagi banyak orang, Salakanagara, masih diyakini sebagai kerajaan tertua di P Jawa, bahkan Indonesia. Walaupun juga mendapat tentangan dari banyak pihak, yang menyebut Kutai merupakan kerajaan tertua di Indonesia, karena memiliki bukti lebih kuat dengan bukti fisik sejumlah prasasti. Kutai sendiri berdiri sekitar abad 5M.

Bagaimana dengan Jawa ?

Kerajaan tertua di Jawa Tengah yang tercatat dalam sejarah tertulis adalah Kalingga. Dengan bukti tertulis dari catatan kunjungan I-Tsing dari China pada abad ke 6 M. Sumber lainnya berasal dari beberapa prasasti yang ditemukan.

Apakah dengan demikian berarti Sunda lebih tua ?

Belum tentu juga. Catatan yang ada hanya menyatakan tentang adanya kerajaan Kalingga, bukan asal muasal kerajaan, juga tidak menceritakan tentang keberadaan kerajaan-kerajaan lain di wilayah Jawa.


moondoggiesmusic.com,

3. Titik Temu

Dari semua perdebatan yang ada, yang pasti pada akhirnya keturunan kerajaan Sunda dan Kerajaan Jawa mengikatkan diri dalam perkawinan & membentuk kerajaan Mataram Hindu.

Mengapa kita bisa menyebutnya titik temu ?

Karena Keturunan Kerajaan Sunda tentunya berasal dari generasi sebelumnya, yang kalo di tarik garis silsilahnya, mungkin sampai kepada Salakanagara. Demikian pula keturunan Kerajaan Kalingga di Jawa Tengah yang tentunya berasal dari raja-raja atau kerajaan sebelumnya, sesuai tradisi kuno dimana raja menurunkan raja.

Dari sisi inilah sebenarnya titik temu yang harus kita sadari, bahwa tidak ada yang lebih tua satu sama lain dari sisi keturunan. Bukankah tua dari sisi manusia, jika ditarik ke garis silsilah akan ketemu ke leluhur yang sama ? Kecuali secara parsial mau kita pertentangkan tentang kerajaan mana yang terlebih dahulu ada berdasarkan bukti-bukti yang ada.

Atau kita pertentangkan 'ketuaan' demi ego kesukuan karena peristiwa masa lalu terkait perang bubat yang masih harus kita telisik lebih lanjut.

Sekali lagi, ketika ada yang bertanya, mana yang lebih tua, Sunda atau Jawa ? Jawabannya : Relatif. Tergantung dari sudut mana kita memandangnya.

Sumber : disarikan dari tirto.co.id, detik.com, 
geoenviron.blogspot.com

Lebih Tua Sunda atau Jawa ? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Kabhumian

0 komentar:

Post a Comment