Thursday, June 11, 2020

Well Log Digitizing, Menyelamatkan Well Log Lama Dari Kepunahan untuk keperluan Interpretasi Zona Minyak dan Gas

Hasil dari proses well logging pada sumur drilling adalah file well log yang berisi data kurva logging seperti Gamma Ray, SP, Resistivity, Neutron, Density, Caliper, Sonic dan lain-lain.

Pada masa-masa awal electric well logging di Indonesia, data yang ada hanya berupa hardcopy. Untuk keperluan interpretasi sumur pun dilakukan dengan pembacaan kurva well log secara manual, tidak melalui komputer. 




Dengan berjalannya waktu, metode komputasi dilakukan dalam pemberkasan well log atau akuisisi data, sehingga proses interpretasi dan log analisis pun menjadi lebih mudah.

Akan tetapi bukan tidak mungkin, dilakukan peninjauan ulang pada sumur-sumur lama yang hanya memiliki  data log hardcopy. Peninjauan ini bisa berupa rencana produksi ulang sumur tersebut, infill drilling dan studi geologi dan geofisika lapangan terkait cadangan migas. 

Untuk itu perlu dilakukan digitasi dari well log lama yang berupa hardcopy menjadi data digital untuk keperluan log processing, log interpretation, dan log analysis.

Tidak menutup kemungkinan dibutuhkan proses digitasi data log baru yang hilang dari media penyimpanan. Bisa karena kerusakan storage atau perpindahan kepemilikan lapangan.

Jika anda membutuhkan digitasi log lama (hardcopy) bisa menghubungi provider yang memiliki peralatan dan pengalaman dalam proses digitasi well log, diantaranya :

Well Log Digitizing, Menyelamatkan Well Log Lama Dari Kepunahan untuk keperluan Interpretasi Zona Minyak dan Gas Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Kabhumian

0 komentar:

Post a Comment