Thursday, June 11, 2020

Penyepuhan (Electroplating) Tembaga pada Material Logam


Pelapisan logam dengan listrik disebut dengan elektroplating (electroplating) atau penyepuhan logam. Penyepuhan dilakukan untuk mendapatkan sifat unggul baru pada barang yang disepuh. 


Misalnya pada penyepuhan tembaga pada besi, maka besi yang dilapisi tembaga akan lebih terlihat mengkilap, bagus, memiliki daya hantar listrik yang baik dan tahan karat. Sementara besi sendiri memiliki kelemahan yaitu mudah berkarat atau teroksidasi.

Komponen utama pada proses penyepuhan adalah larutan elektrolit, logam pelapis, logam yang akan dilapisi, baterai dan kabel.

Besi yang akan dilapisi, dihubungkan dengan kutub negatif baterai atau disebut sebagai katoda, sedangkan tembaga yang menjadi sumber pelapis, dihubungkan dengan kutub positif baterai atau anoda.

Sekedar pengetahuan saja, reaksi kimia yang terjadi kurang lebih sebagai berikut :

Ion Cu 2+ bergerak ke katoda, mengambil elektron dan menjadi logam tembaga yang menempel pada besi katoda.


Katoda : Cu 2+ (aq) + 2e - --> Cu (s)

Ion SO4 2- bergerak ke anoda memberikan elektron dan bereaksi dengan tembaga anoda.

Anoda : Cu (s) --> Cu 2+ (aq) + 2e -



Komposisi tegangan, arus listrik, jarak katoda-anoda, waktu dan konsentrasi larutan CuSO4 menjadi faktor penentu hasil penyepuhan, baik ketebalan, kekerasan maupun mengkilapnya hasil penyepuhan.

Jika ingin mencoba, lakukan percobaan dengan larutan terusi (CuSO4) 2M, listrik 5VDC, jarak 5cm, dan lama waktu 5 menit.

Logam sumber yaitu tembaga dapat diambil dari bagian dalam kabel listrik (solid/bukan serabut), sedangkan logam yang dilapisi bisa logam apa saja; paku, kunci, uang logam lama, aksesories dan lain-lain.

Anda bisa mendapatkan kit penyepuhan lengkap (siap pakai) pada link berikut :

https://www.tokopedia.com/situsdigital/kit-penyepuhan-tembaga-dengan-charger-hp-lengkap-siap-pakai


Penyepuhan (Electroplating) Tembaga pada Material Logam Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Kabhumian

0 komentar:

Post a Comment