Thursday, June 11, 2020

Jipang Kacang Khas Kebumen



Jipang Kacang adalah makanan ringan khas dari wilayah Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, Indonesia. Jipang Kacang berbahan sangat sederhana yaitu gula jawa atau Gula aren dan Kacang tanah. Pembuatannya yaitu kacang tanah yang sudah digiling kasar serta disangrai kemudian disiram gula jawa kental hingga merata di atas loyang atau Tampah. Tunggu hingga mengeras lalu dipotong berbentuk persegi panjang. Rasanya manis dan gurih sedangkan wanginya sangat harum. 

Hingga kini aktivis perajin jipang kacang masih bisa ditemui di Kelurahan Panjer, Kecamatan Kebumen, Kabupaten Kebumen. Makanan cemilan tersebut sudah diproduksi sejak nenek moyang. Para perajin masih mengerjakan proses pembuatan jipang kacang secara tradisional. Persis seperti yang diajarkan nenek moyang dulu. Hanya ada perubahan pada bungkusnya. Kalau zaman dulu menggunakan klaras (daun pisang kering), kini menggunakan bungkus plastik. Hal itu dilakukan secara turun-temurun. 

 Untuk membungkus jipang kacang dengan dilem. Caranya dibakar pada ujung plastiknya, menggunakan lampu minyak tanah. Bahan membuat jipang kacang yakni, gula merah, dan minyak sayur. Kacang terlebih dahulu disangan (dimasak) menggunakan pasir. Setelah itu dikupas kulitnya. 

Proses masak selanjutnya dicampur dengan gula merah dan minyak sayur. Setelah itu, diaduk-aduk hingga merata. 120 Pak Setelah itu dicetak dan diiris-iris sesuai ukuran yang diinginkan. untuk ukuran sedang 6 cm x 3 cm. Sekali masak diperlukan 9 kg, 3 kg gula merah dan 4 sendok makan minyak sayur. Bahan tersebut menghasilkan 120 pak yang berisi 10 biji. Untuk harganya bervariasi, tergantung ukurannya. ukuran kecil Rp 2.000, sedang Rp 2.500, dan besar Rp 5.500. Untuk membeli bahan-bahannya, satu kilogram kacang seharga Rp 19 ribu, gula merah Rp 10 ribu, dan minyak sayur satu kilogram Rp 16 ribu. Sehari mencapai 10 kali masak. Tenaga paling banyak pada proses pembungkusan.

Jipang kacang bisa dibeli secara langsung di toko-toko jajanan di kota Kebumen, atau bisa dipesan secara daring / online melalui toko online atau market place seperti tokopedia, sophee, bukalapak, lazada dan lain-lain.



Jipang Kacang Khas Kebumen Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Kabhumian

0 komentar:

Post a Comment