Saturday, July 13, 2019

Strategi Berjualan di Marketplace


Bertumbuhnya marketplace di Indonesia menjadi peluang tersendiri bagi kita untuk ikut berjualan secara online. Akan tetapi banyaknya pelapak yang ikut berpartisipasi menyebabkan persaingan menjadi ketat. Bahkan seringkali terjadi persaingan secara tidak sehat.  

Berikut ini tips-tips supaya lapak jualan anda bisa bertahan dan berkembang di marketplace :

1. Beri judul barang jualan anda dengan jelas dan menarik, supaya calon pembeli tertarik. Tetapi jangan berlebihan sehingga membuat calon pembeli malah curiga atau merasa aneh.

2. Pastikan informasi produk benar dan sesuai dengan produk yang anda jual

3. Tampilkan foto yang jelas dan menarik untuk dilihat. Usahakan menampilkan foto anda sendiri, bukan hasil mencopy dari lapak lain.

4. Pastikan stok barang selalu tersedia, dan segera alihkan stok menjadi 0 atau kosong jika barang habis.

5. Packing barang yang akan dikirim dengan baik sehingga sampai tujuan dengan aman.

6. Segera berikan jawaban dengan jelas pada calon konsume yang bertanya, baik melalui chat atau sarana diskusi yang ada.

7.Buka beberapa toko di marketplace yang berbeda. Sinkronkan data disemua toko/lapak anda di semua marketplace itu supaya tidak terjadi perbedaan jumlah stok dan harga.

8. Untuk promosi awal, mintalah teman-teman anda membeli produk anda dan memberikan review atas produk tersebut. Karena konsumen akan lebih melihat barang dagangan yang telah laku dengan review yang bagus. Biasanya gambarkan dengan jumlah penjualan dan bintang 4/5.

9. Jika terjadi komplain dari pelanggan, jawablah dengan sabar dan berikan jawaban yang jelas dan masuk akal. Berikan alternatif solusi yang bisa diterima oleh konsumen. Ingatlah, pembeli adalah raja.

10. Berikan solusi bagi pelanggan yang mengalami kesulitan, baik proses pemesanan atau informasi yang terkait dengan produk anda. 

11. Berikan pilihan jenis pengiriman yang bisa anda tangani sebanyak mungkin, semakin banyak pilihan membuat konsumen lebih nyaman untuk menentukan pilihan.

0 comments

Post a Comment