Saturday, July 13, 2019

Inspirasi Bisnis : Distribusi, Peluang Usaha di Masa Sulit


Kenaikan dan penurunan harga adalah hal yang biasa terjadi dalam perdagangan. Selisih harga pembelian barang dan penjualan barang adalah darah penghidupan bagi para trader, baik ditingkat retail maupun grosir.

Bagi yang mempunyai usaha perdagangan, menguasai informasi pasar adalah hal mutlak yang diperlukan. Semakin anda menguasai pasar anda semakin punya gambaran arah distribusi barang dan jasa yang ada.

Pada masa sulit dimana harga barang naik dan tidak menentu, maka peluang usaha yang memungkinkan adalah distribusi barang. Mengambil ditempat yang harganya murah, menjual ditempat yang harganya lebih mahal.

Untuk menjalankan bisnis seperti ini anda harus punya relasi yang banyak, menguasai informasi pasar, mulai dari sumber barang, kualitas dan ketersediaan barang, hingga distribusi pembeli yang akan membeli barang anda. Komunikasi dan transportasi adalah hal yang mutlak.

Tentunya ini membuat mobilitas anda sangat tinggi. Tetapi hasil yang didapat bisa sepadan dengan usaha yang anda kerjakan.

Usaha distribusi akan lebih efektif jika anda mempunyai kendaraan sendiri, kecuali jika margin keuntungan yang besar, anda bisa menyewa jasa pengangkut.

Sebagai contoh, kecamatan Ambal di Kebumen adalah penghasil emping dengan kualitas bagus. Hasil produksi dipasarkan ke berbagai daerah. komoditas ini memiliki harga yang cukup baik, selain rasanya yang khas, emping merupakan camilan wajib di beberapa golongan masyarakat untuk disuguhkan saat ada acara pesta.

Seorang teman dengan modal komunikasi ke berbagai penjual emping di beberapa daerah, bisa mendapat penghasilan yang cukup lumayan dari distribusi emping ini. Semisal harga di Ambal sedang murah, teman tersebut akan mengontak pedagang-pedagan di kota besar menanyakan harga dan menawarkan emping di tempat mereka jika selisih harganya cukup bagus. Tentu saja dia bermain dengan waktu, artinya distribusi tersebut harus deal sebelum pedagang-pedagang di kota besar tahu kalo harga di tingkat produsen sudah rendah karena panen.
Namun sebaliknya jika harga di lokasi penghasil emping mulai naik tinggi, teman tersebut akan berkomunikasi dengan penjual di kota besar yang belum mengetahui bahwa harga dilevel produsen sudah naik. Teman akan membeli kembali emping di kota-kota besar lalu menjualnya di wilayah sekitar produsen.

Gambaran diatas adalah contoh usaha penjualan yang memanfaatkan distribusi barang yang tidak merata. 

Usaha tersebut sangat cocok bagi anda yang :
- Bisa mengemudikan mobil terutama mobil bak terbuka, atau memiliki koneksi dengan pelaku transportasi pengangkut barang
- Mempunyai jiwa petualang dan sosial yang tinggi dalam arti mudah komunikasi dengan orang lain. Tetapi hal ini bisa dilatih asalkan anda memiliki kemauan yang kuat.
- Tekun dalam mempelajari kondisi pasar secara real, baik komoditas, rantai distribusi, maupun kondisi masyarakat sekitarnya.
- Memiliki modal minimal sesuai dengan nilai perdagangan yang diharapkan. Ini bisa disesuaikan dengan kondisi yang ada. 

0 comments

Post a Comment