Sunday, July 21, 2019

Inspirasi Bisnis : Memanfaatkan Kelebihan Stok Produksi



Fenomena kelebihan produk di negara kita sering kita dengar. Terutama komoditas pertanian, peternakan dan perikanan. Pada saat ini terjadi banyak petani, peternak dan nelayan yang mengalami kebangkrutan bahkan memilih menutup usahanya dan berganti usaha. Kondisi ini tentunya sangat memprihatinkan.

Solusi pemerintah untuk menaikkan harga dan memperbaiki sistem pemasaran produk-produk tersebut tentunya membutuhkan waktu dan koordinasi yang tepat, dan ini tidak menjamin pelaku usaha akan pulih dari kebangkrutannya. Celah kelebihan produksi bisa dimanfaatkan oleh pengusaha berjiwa sosial yang jeli dan memiliki kepedulian terhadap kondisi petani, peternak atau nelayan.

Sebagai contoh, kelebihan produksi ayam yang menyebabkan banyak kebangkrutan, bisa ditampung oleh pengusaha dengan membeli ternak tersebut sedikit diatas harga ditingkat peternak saat itu. Kemudian dijadikan daging beku yang bisa disimpan dalam jangka waktu yang lebih lama. Daging beku bisa dijual di kemudian hari atau dijadikan produk olahan. Sosis, abon, kerupuk ceker, nugget ayam, dan berbagai olahan lainnya.

Bagi pengusaha yang berjiwa sosial bisa menjadikannya produk olahan untuk menyediakan makan bagi masyarakat miskin dengan harga murah atau bahkan gratis. Para gelandangan, pengemis, masyarakat miskin, panti asuhan, panti jompo dan lain-lain.

Contoh lain adalan kelebihan produksi cabe atau lombok. Petani yang tergiur dengan harga cabe yang tinggi sampai ratusan ribu per kilogram, menyebabkan mereka berbondong-bondong menanam lombok di sawah mereka. Akibatnya pada saat panen, harga produk turun dratis sampai dua ribuan per kilogram nya. Bahkan banyak petani yang memilih tidak memanen cabenya, karena ongkos panennya bisa lebih tinggi daripada keuntungan yang didapat.

Pengusaha bisa membantu petani dengan membeli hasil panen mereka sedikit  diatas harga dilevel petani. Cabe yang terkumpul bisa dikeringkan, lalu dibuat produk olahan. Bisa berupa cabe bubuk atau sambal kering sejenis bon cabe atau produk lainnya.

Kelimpahan alam yang subur menjadi berkah tersendiri di negeri kita yang harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. Tetapi tentunya tiap daerah mempunyai hasil berbeda dengan daerah lain. Kelebihan di satu daerah bisa merupakan kekurangan di daerah lain. 

Ini merupakan potensi yang harus kita garap, baik pemerataannya atau peluang usaha yang tercipta dari kekurangan tersebut.

0 comments

Post a Comment