Wednesday, July 10, 2019

Mengenal Uang Digital (Digital Currency) dan Dompet Digital (Digital Wallet)

Dalam dunia online sekarang ini, tentunya dibarengi dengan perkembangan keuangan dan perbankannya. Uang yang dipergunakan secara fisik pun bergeser ke uang digital yang pemakaiannya tidak terlihat secara fisik. Berikut ini jenis-jenis pemanfaatan uang dalam perbankan digital

Digital Currency atau Uang Digital
Adalah bentuk pembayaran secara digital atau pembayaran tanpa bentuk fisik uangnya. Uang digital ada dua macam yaitu e-money (e-currency) dan virtual currency (uang virtual). Bedanya, jika e-money dalam penerbitannya  diregulasi oleh pemerintah dan menggunakan mata uang negara. Sedangkan Virtual Currency (VC) penerbitannya dikeluarkan oleh perusahaan pembuatnya.

E-money atau Uang Elektronik
E-money bisa juga disebut e-currency merupakan  metode pembayaran dengan memanfaatkan media server dan chip. Chip yang tertanam pada kartu berisi nominal nilai uang dalam jumlah tertentu secara elektronik. Fungsi e-money adalah untuk melakukan pembayaran seperti tarif tol, parkir, transportasi umum atau pembayaran di minimarket. Setiap digunakan nilai didalam kartu akan berkurang sesuai jumlah pembayaran atau belanja yang dilakukan. Beberapa produk e-money yang berlaku di Indonesia antara lain Flazz BCA, E-money Mandiri,Brizzi BRI, Tap Cash BNI, Blink BTN, Mega Cash, Nobu E-Money, JakCard Bank DKI, dan Skye Mobile Money keluaran Skye Sab Indonesia.

Virtual Currency atau Mata Uang Virtual
Mata uang ini termasuk dalam mata uang digital (digital currency), hanya saja dalam penerbitannya dikeluarkan oleh perusahaan tertentu tanpa melibatkan pemerintah. 
Virtual currency (VC) ada yang tidak bisa dipertukarkan, seperti mata uang dalam game online, ada juga yang bisa dipertukarkan. Jenis terakhir ini terbagi menjadi dua, yaitu yang terpusat dan tidak terpusat. VC yang terpusat seperti WebMoney, yang tidak terpusat seperti cryptocurrency. Cryptocurrency yang akhir-akhir ini naik daun antara lain BitCoin (BTC), Ethereum (ETH), Basic Attention Token (BAT), Ripple (XRP, dan Stellar Lumen (XLM).

Bingung ? Berikut gambaran Digital Currency menurut IMF


E-Wallet atau Dompet Digital
Fungsi E-wallet mirip dengan E-money, sama-sama berfungsi untuk melakukan pembayaran. Hanya saja dompet digital tidak memerlukan kartu atau chip. Data nominal uang tersimpan di server yang terhubung dengan internet. Pengguna bisa mengakses dompet mereka setelah login melalui internet dengan user id/name password dan pin keamanan. E-Wallet yang di kenal di Indonesia antara lain XL Tunai,  T-Cash Telkomsel, Rekening Ponsel CIMB Niaga, BBM Money Permata Bank, DOKU, dan lain sebagainya.

0 comments

Post a Comment