Wednesday, July 10, 2019

Cara Memancing Ikan Boso yang Unik di Sungai Lukulo

Ikan boso atau disebut juga bloso (Glossogoblus gluris), adalah ikan air tawar yang biasa hidup di dasar sungai yang cukup deras.

Bagi para pemancing, ikan ini terkenal dengan tarikannya yang mendadak dan kuat. Sehingga seringkali dikira tarikan dari ikan besar.



Memancing ikan ini cukup mudah, peralatan dan umpannya pun gampang didapat. Untuk memancing ikan ini digunakan ukuran mata kail no 6-8, dengan tali kenur yang kecil. Untuk jorannya bisa menggunakan joran buatan dari lidi aren atau bambu. Umpan mancingnya bisa cacing atau udang.

Waktu kecil saya, biasa mancing ikan ini di Sungai Lukulo Kebumen, dengan joran dari lidi aren. Umpan yang digunakan cacing merah biasa ditemukan di sampah batang pisang busuk.

Lokasi favorit ikan ini yaitu bagian sungai berarus sedang dan tidak terlalu dalam. Sehingga hampir semua bagian sungai Lukulo bisa menjadi spot mancing yang bagus, tidak perlu mencari kedung atau palung sungai. Musim paling tepat memancing ikan ini adalah musim kemarau dimana air sungai terlihat jernih.

Ikan boso termasuk ikan yang tidak takut manusia. Karenanya, spot mancing terbaik justru di bagian sungai berarus tapi tidak terlalu dalam, maka memancing ikan ini bisa dilakukan dengan cara berendam di air sungai yang mengalir. Mata kail di buang pada jarak 1-2 m dari tempat kita berdiri.

Tarikan umpan yang tiba-tiba seringkali membuat ikan ini tidak terlalu kuat terkait di mata pancing, sehingga seringkali lepas  saat pancing diangkat.

Ada cara unik yang kami lakukan untuk mengatasinya.

Pada saat memancing, sesaat setelah ada sentakan, tali pancing segera kami tarik lalu ikan yang terkait kami putar-putar di udara. Tujuannya supaya mata kail lebih tertanam dalam mulut ikan, dan ikan  menjadi lemas sehingga tidak berontak saat dilepaskan mata kailnya.

Unik bukan ?

Ikan boso terkenal gurih untuk disantap. Tetapi yang paling gurih yaitu ikan boso dengan ukuran kecil. Karena itu, saya lebih suka memancing ikan jenis ini dengan ukuran kecil daripada yang besar. 

Bagaimana cara memilihnya ?

Jangan khawatir, ikan ini biasa berkelompok sesuai ukurannya. Jadi sekali anda mendapat spot yang sesuai ukuran ikan yang diinginkan, anda cukup memancing di tempat yang sama. Niscaya anda akan mendapat ikan boso dengan ukuran yang relatif sama.

Cara Memancing Ikan Boso yang Unik di Sungai Lukulo Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Kabhumian

0 komentar:

Post a Comment