Wednesday, July 10, 2019

Lanthing Cemilan yang Renyah dan Beraneka Rasa Khas Kebumen


Makanan khas daerah Kebumen bernama Lanthing atau kadang disebut klanthing sudah turun temurun diwariskan dari generasi ke generasi. Dahulu lanthing hanya mengenal satu rasa, yaitu gurih saja dan  cenderung keras serta rasa dan warnanya kurang menarik.
Simbah harus ngemut lanthing beberapa saat dimulutnya sampai terasa lunak, baru bisa mengunyah dengan giginya sudah tidak lengkap lagi.
Dengan berjalannya waktu, produsen lanthing, dalam pembuatan lanthing kemudian berinovasi , baik bahan maupun premrosesannya. Dihasilkanlah lanthing  yang renyah, dan memiliki rasa bermacam-macam untuk memanjakan lidah. Ada rasa bawang, sapi panggang, jagung, pedas manis dan beberapa rasa lainnya.

Bahan  lanthing terutama yaitu singkong atau ubi kayu. Pembuatannya sebenarnya relatif mudah, singkong dikupas, dibersihan dan direndam 1 jam lamanya. Setelah dikukus hingga lunak, dilanjutkan dengan penumbukan bersama bumbu. Adonan ersebut lalu dipilin, dapat juga menggunakan mesin giling. Kemudian dibentuk  angka 8. Lanthing tersebut lalu di jemur sampai kering. Baru kemudian di goreng. 

Lanthing yang sudah siap konsumsi bisa di beli disentra-sentra produksi lanthing di Kebumen, seperti di Kuwarasan atau di toko oleh-oleh yang tersebar di kota tersebut.
Anda juga dapat membeli secara online, melalui toko-toko online atau lewat media sosial yang menawarkan produk ini.
https://www.tokopedia.com/sokha/lanting

Lanthing Cemilan yang Renyah dan Beraneka Rasa Khas Kebumen Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Kabhumian

0 komentar:

Post a Comment