Saturday, July 13, 2019

Menyiasati Pilihan Kurir Instant dan Sameday pada Penjualan di Market Place


Bagi yang mempunyai lapak di marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Lazada dan lain-lain, tentunya sudah mengetahui pilihan pengiriman barang untuk konsumen melalui ojol baik instant atau sameday.

Kedua jenis pengiriman itu mempunyai karakteristik yang berbeda,

1. Sameday Delivery
Sameday delivery merupakan pengiriman dengan ojol secara dedicated, atau dikhususkan drivernya. Tidak bisa dilakukan oleh driver ojol biasa. Jadi driver ojol untuk pengiriman sameday murni hanya mengurusi pengiriman barang tidak bisa mengangkut penumpang. Ketika ada order pengiriman masuk, maka order tersebut akan masuk dalam list pengiriman dan akan di jemput (pickup) dan di kirim ke konsumen (delivery) sesuai urutan jarak dan waktunya. Waktu penjemputan dan pengiriman antara 6-8 jam setiap harinya.Seorang driver pengiriman sameday bisa mengantar sampai 8 paket dalam satu hari, jarak tempuh sekitar 40 km dan berat bisa sampai 7 kg. Akan tetapi aturan ini berbeda antar penyedia ojek onlinenya. Waktu pengiriman antara 08.00-16.00. Biaya yang dikenakan pun flat alias tetap tidak bergantung jarak dan waktu selama masih dalam area yang ditetapkan.

2. Instant Courier
Pengiriman dengan mode instant menggunakan driver terdekat dari lokasi pengirim. Dengan kata lain driver ojolnya tidak dedicated atau dikhususkan untuk pengiriman barang. Tetapi pada saat mendapat tugas untuk mengirimkan barang, tentunya driver tersebut hanya mengantar barang tidak dicampur dengan penumpang. Tentunya ini menyebabkan pengiriman menjadi lebih cepat karena tidak menunggu antrian penjemputan dan pengiriman seperti pada sameday. Perkiraan pengiriman sekitar 4 jam sejak di order, bahkan bisa lebih cepat lagi tergantung lokasi driver yang tersedia dan jarak pengiriman. Pengiriman instant beroperasi antara 06.00 -18.00. Biayanya tentunya lebih mahal, yaitu ditetapkan sekitar 20 ribu per 8 km pertama, dan ada penambahan perkilometer berikutnya.

Tentunya ini memberikan implikasi serius bagi bisnis online melalui market place yang pengirimannya menggunakan ojol dengan kedua metode diatas. Jika tidak diterapkan dengan benar akan menimbulkan masalah dalam pengiriman barang yang berujung pada kekecewaan pembeli atau penjualnya. 

Berikut ini penerapan dan cara menyiasati penggunaan kedua mode pengiriman tersebut :

1. Pengiriman Mode Sameday
Bagi penjual yang akan menerapkan mode ini di lapak dagangannya, harus mempertimbangkan benar jika pilihan pengiriman ini diaktifkan. Walaupun biayanya lebih murah, waktu pickup barang tidak bisa ditentukan, tergantung antrian penjemputan barang. 
Dengan mode Sameday, pastikan :
- Pembeli paham bahwa waktu pengiriman tidak pasti, artinya diluar kontrol penjual. Biarpun pihak pembeli meminta pengiriman saat ini, tetapi penentuan driver yang menjemput barang, mutlak wewenang penyedia ojol untuk mengaturnya. Bisa saja untuk mendapatkan driver yang dedicated sameday butuh waktu lebih lama dan setelah mendapat driver pengirim, bisa saja barang anda dijemput paling akhir artinya penjual harus menunggu penjemputan barang lebih lama dan pembeli harus menunggu barang datang lebih lama.
-Penjual siap menunggu driver pengirim barang datang, yang bisa memakan waktu sampai 6 -8 jam dari saat pickup. Minimal ada orang dialamat penjemputan saat driver datanng untuk mengambil barang.

2. Pengiriman Mode Instant
Pengiriman mode instant memang lebih representatif karena menggunakan driver ojol biasa dan terdekat dari posisi penjual. 
Kelemahan pengiriman mode ini :
-harga yang lebih mahal, ini yang menjadi pertimbangan pembeli untuk tidak membeli barang anda dengan mode pengiriman instant.
- jika jarak pengiriman yang terlalu jauh, biasanya akan banyak ditolak oleh driver ojol disekitar anda. Jangan heran jika ditolak driver dan mereka tidak mau meng-cancel order, sementara anda pun tidak  bisa serta merta meng-cancel order mengirimkan barang. Kalau hal ini terjadi, siap-siap anda menunggu cukup lama, bukan dalam hitungan menit, tapi sampai hitungan jam, sampai pihak Market place membatalkan order tersebut dan mengganti dengan driver yang lain. 

Secara umum  pengiriman mode instant lebih representatif bagi penjual dilapak marketplace daripada mode sameday. Hal ini harus dijelaskan pada pembeli anda supaya mereka paham konsekuensi pilihan kedua kurir tersebut.

0 comments

Post a Comment