Sunday, February 20, 2022

Hari Ini Telah Kusempurnakan Agamamu

Sesungguhnya yg dimaksud dengan agama itu mencakup segala yang diciptakan Allah di dunia ini, bukan hanya termasuk apa yang dianggap bersifat spiritual oleh manusia atau segala yang terkait dengan alam akherat semata.

Ketidakmampuan manusia memahami hal tersebut membuat manusia memisahkan hal-hal yang bersifat dunia dan yang bersifat akherat.

Ketika diturunkan Surat Al Maidah ayat 3 ;

الْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِينَكُمْ وَأَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِي وَرَضِيتُ لَكُمُ الْإِسْلَامَ دِينًا “… Pada hari ini telah Aku sempurnakan untukmu agamamu, dan telah Aku cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Aku ridhai Islam sebagai agama bagimu …”

Sesungguhnya hal itu mencakup segala urusan manusia di dunia, terkait ilmu, nikmat dan keridhaan Allah.

Segala ilmu yang bisa dimiliki dan mampu dikuasai oleh manusia.

Pada masa lalu, campur tangan alam ghaib sangat tinggi dalam kehidupan manusia. Setelah diturunkan ayat tersebut, manusia diberi kebebasan untuk menimba ilmu dari berbagai sumber diatas muka bumi ini dengan akal dan budi.

Kunci-kunci ilmu sudah diturunkan, tinggal manusia itu mau belajar atau tidak, mau mencari ilmu atau tidak.

Justru campur tangan alam ghaib secara langsung mencapai titik terendah, karena kemampuan manusia untuk memahami kehidupannya sudah dibuka lebar.

Iblis tetap menjadi musuh yang nyata bagi manusia, dia akan selalu berusaha menyesatkan manusia dengan ilmu yang disesatkan olehnya.

Di satu sisi akses manusia dalam menggali ilmu baik duniawi maupun akherat lebih terbuka, di sisi lain jeratan-jeratan nafsu membuat manusia dapat tergelincir  dengan memanfaatkan ilmu yang ada. Membenarkan yang salah berbalut ilmu, menghalalkan yang haram berbalut ilmu, memutarbalikkan fakta dengan ilmu yang dimiliki.

Ini juga yang menyebabkan umat Nabi Muhammad menjadi lebih berat untuk memahami dan mengikuti ajaran Rasulullah untuk beribadah kepada Allah SWT. Karena manusia setelah jaman rasulullah hadir, memiliki pengetahuan dan  perkembangan akal tertinggi yang bisa dicapai manusia.

Iman yang lemah menyebabkan manusia bisa tergelincir dalam kenikmatan dunia, enggan mempersiapkan diri untuk mencari bekal akheratnya.

Semoga kita menjadi manusia yang terbimbing oleh Allah SWT dan terhindar dari kesesatan nafsu dunia yang menggelincirkan manusia ke tempat kembali yang seburuk-buruknya, yaitu neraka.

Hari Ini Telah Kusempurnakan Agamamu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Kabhumian

0 komentar:

Post a Comment