Wednesday, July 10, 2019

Mengenal HYIP Investasi Profit Tinggi yang Sebanding dengan Resiko

HYIP atau High Yield Investment Program adalah investasi online yang menjanjikan keuntungan dengan prosentase tinggi, jauh diatas bisnis normal lainnya. HYIP mulai berkembang sekitar tahun 2000-an dan masih terus ada sampai saat ini.

Ada banyak skenario investasi dalam HYIP, ada yang merupakan investasi pasif, dalam arti setelah anda melakukan investasi, anda tidak perlu melakukan apa-apa, tinggal menunggu profit masuk ke akun anda. Ada pula yang memerlukan keterlibatan anda untuk mendapatkan profit, seperti halnya pay per click (PPC), dimana anda diharuskan meng-click dan menonton sejumlah iklan yang muncul setiap harinya.

Profit yang dijanjikanpun bermacam-macam dengan berbagai skenario pembayaran. Mulai dibawah 1% perhari hingga ratusan persen dari nilai investasi anda. Pembayarannya pun bisa dilakukan harian atau setelah satu siklus selesai.

Sebagai contoh :
Program HYIP yang menjanjikan profit 50% perhari (daily) dalam waktu 4 hari.

50% yang dimaksud adalah pokok  + profit. Maka selama 4 hari anda akan mendapat total 200% (pokok + profit) atau dengan kata lain anda akan mendapat keuntungan 100% dalam 4 hari. Profit 50% biasanya dapat dicairkan ke akun e-currency anda setiap harinya.

Cukup tinggi bukan penawaran profitnya ?

Program investasi dengan profit tinggi sering dipandang sebagai program investasi yang tidak masuk akal bahkan dipadang sebagai money game. Dan kenyataannya memang banyak penyelenggara program HYIP yang hanya menerapkan skema ponzi tidak benar-benar menginvestasikan dananya ke bisnis dengan return tinggi seperti trading saham, forex atau komoditas.

Skema ponzi biasa dilakukan untuk mengumpulkan dana dari para investor dengan tawaran profit tinggi, yang pada tahap awalnya penyelenggara akan membayar para investornya dari uang minvestor sendiri atau dari uang investor lain. Setelah terkumpul dana yang diinginkan, penyelenggara akan menghilang dari peredaran, meninggalkan para investor yang kebingungan.

Analogi investasi di HYIP seperti anda membeli barang di pasar ular/pasar barang bekas. Anda tidak tahu barang yang anda beli itu barang curian atau barang bekas yang halal.

Demikian juga jika anda mengikuti program HYIP, anda tidak tahu apakah penyelenggara adalah pelaku skema ponzi atau benar-benar berinvestasi di trading.

Secara moralitas dan resiko tentunya ini menjadi pertimbangan pribadi anda sendiri.

Jika anda ingin mengikuti program HYIP ini, anda dapat mencari di google dengan kata kunci HYIP MONITOR. Melalui situs HYIP MONITOR, anda bisa menemukan berbagai program HYIP yang sedang aktif, juga data mengenai penyelenggara HYIP tersebut, termasuk status dan reviewnya.



Pada HYIP monitor anda bisa melihat nama program HYIP tersebut, rating, sudah beroperasi berapa lama, profit dan skenario profit yang ditawarkan, status HYIP : PAYING (membayar) atau tidak, e-currency yang digunakan, metode pembayaran dan lain-lain.

Nama program HYIP yang mengacu pada situs penyelenggara bisa digunakan untuk melakukan pengecekan reputasi penyelenggara baik lewat google ataupun situs HYIP monitor yang lain.

Waktu beroperasi menunjukkan sudah berapa lama situs penyedia HYIP tersebut hidup dan beroperasi, biasanya menggunakan satuan days (hari). Semakin lama waktu hidupnya kemungkinan besar HYIP tersebut konsisten membayar investornya.

Status pembayaran biasanya tertulis dengan warna hijau PAYING, atau warna merah NOT PAYING. Ini menjadi indikasi sebuah program HYIP layak untuk diikuti atau tidak dari sisi pembayarannya.

Rating biasanya dipresentasikan dalam bentuk bintang. Semakin banyak bintangnya, berarti reputasi HYIP tersebut semakin bagus.

HYIP hampir selalu melakukan transaksi dengan mata uang elektronik e-currency atau e-money seperti paypal, skrill, e-gold, moneybookers dan lain-lain. Mata uang acuan hampir selalu menggunakan $ sebagai pathokan.

Metode pembayaran bisa dilakukan secara otomatis, manual atau instant. Mode manual mengharuskan anda untuk menarik dana anda secara manual melalui akun anda di situs program HYIP tersebut. Mode otomatis, artinya setelah waktu pembayaran, secara otomatis dana akan masuk ke e-currency kita. Mode instant, artinya setelah anda melakukan penarikan dana dari akun anda di HYIP, dana akan masuk ke rekening e-currency kita. Mode Manual, artinya mengharuskan kita memproses penarikan secara manual berurutan dari permintaan withdraw ke akun kita dan transfer dana ke rek e-currency kita.

Kita harus membaca baik-baik skenario program HYIP yang ditawarkan, disesuaikan dengan kebutuhan kita. Yang pertama harus dilakukan adalah mencegah kerugian sekecil mungkin, dan membuat strategi investasi HYIP yang cocok. Silakan anda baca pada artikel saya yang lain di blog ini (Meminimalkan Kerugian Investasi HYIP).

Yang harus diwaspadai dari program HYIP adalah adanya scam, penipuan atau kecurangan dari penyelenggaranya. Waspadalah terhadap pengelola HYIP yang memberikan iming-iming berlebihan, seperti : Profit yang terlalu tinggi dibanding program HYIP lainnya dan pengembalian dalam waktu singkat semisal 200% dalam satu hari, bonus signup (pendaftaran) 200%, bonus referal lebih dari 2 level, ROI atau pengembalian modal yang terlalu singkat kurang dari 1 hari. Kesemuanya itu intinya ingin menarik minat investor sebanyak-banyaknya pada situs HYIP mereka. Sebaiknya dihindari tipe HYIP seperti ini.

0 comments

Post a Comment