Thursday, July 11, 2019

Mengenal Arisan Berantai dan Resikonya


Arisan berantai adalah program investasi yang lebih mengarah pada skema ponzi, yaitu investornya akan dibayar dari uang anggota yang lain. Tidak ada produk yang dikeluarkan oleh penyelenggara program, dan juga penyelenggara program sama sekali tidak menginvestkan dana terkumpul untuk bisnis lain sehingga menghasilkan profit untuk anggotanya.

Satu hal lagi, bahkan ketika sudah mencapai satu siklus, maka pelopor program tersebut tidak lagi dapat diketahui alias seperti hantu. Program akan bergulir sesuai sistem, diturunkan dari peserta satu ke peserta lain. 

Pada tahun 2000 an banyak beredar arisan berantai melalui ATM-ATM yang ada. Tidak jarang anda akan mendapati fotocopy an program arisan yang ditaruh dalam bilik ATM di kota anda. Bukan berarti hal itu merupakan program dari pihak bank. Hanya mendompleng tempat untuk penyebaran brosur saja. Pihak bank pun sudah mengklarifikasi, bahkan program arisan tersebut bukan produk bank, biarpun pada bagian atas terdapat tulisan ARISAN BCA, ARISAN MANDIRI dll.

Dengan berkembangnya dunia online, program arisan berantai saat ini beredar melalui internet. Baik lewat media sosial, email, situs, ataupun mobile phone lewat aplikasi android. Tetapi sistem dan modusnya sama.

Pada dasarnya arisan berantai merupakan salah produk member get member yang mirip dengan MLM, tetapi tanpa produk sama sekali. Sehingga pendapatan member di atasnya berasal dari setoran member dibawahnya. Semakin banyak member di jaringan bawahnya, semakin kaya member dibagian atas sampai level tertentu.

Pada akhirnya ketika jaringan menjadi jenuh dan level paling bawah sulit untuk mendapatkan anggota, jaringan akan rontok sendiri dan ditinggalkan anggotanya. Korban nya adalah mereka yang belum mendapat keuntungan finansial apapun. Jangankan balik modal, seringkali mengalami kerugian baik dalam waktu maupun biaya promosinya.

Masih tertarik investasi tersebut ? Pikir-pikir dahulu, karena seandainya pun anda berhasil, uang yang anda terima adalah uang orang lain yang mungkin bukan hak anda.

0 comments

Post a Comment