Wednesday, July 31, 2019

Pemisahan Jawa dan Sumatera Terbukti Karena Gerakan Tektonik, Bukan Letusan Krakatau ?









Selama bertahun-tahun sebagian besar dari kita percaya bahwa Pulau Jawa dan Pulau Sumatera dahulunya adalah satu, lalu kemudian terpisah akibat dahsyatnya letusan Gunung Krakatau.Namun benarkah letusan Gunung Krakatau penyebabnya ?
Pendapat yang mendukung pemisahan Jawa dan Sumatera karena letusan gunung Krakatau biasanya mengacu pada Pustaka Raja Purwa, yang ditulis pujangga besar Jawa, Ronggowarsito, pada tahun 1869.
Peneliti dari Los Alamos National Laboratory (New Mexico), Ken Wohletz, termasuk yang mendukung tentang kemungkinan letusan besar Krakatau purba hingga memisahkan Pulau Jawa dan Sumatera. Dia membuat simulasi tentang skenario letusan super. Namun, berbeda dengan Ronggowarsito, Ken menyebutkan, letusan itu kemungkinan terjadi puluhan ribu tahun lalu.
Namun, pemisahan Jawa dan Sumatera sepertinya bukan karena letusan Krakatau. Sebaliknya, Krakatau terbentuk karena pemisahan kedua pulau ini sebagai produk gerakan tektonik di dalam.
Bukti terbaru bisa kita lihat setelah peristiwa tsunami Banten yang didahului oleh erupsi Anak Gunung Krakatau.
Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati menyampaikan, retakan muncul setelah gunung mengalami penyusutan dari sebelumnya 338 meter di atas permukaan laut (mdpl) menjadi hanya 110 mdpl.
Dia mengatakan, terdapat dua retakan baru dalam satu garis lurus di salah satu sisi badan Gunung Anak Krakatau. Dirinya menduga retakan terjadi lantaran adanya getaran tinggi yang muncul saat gunung erupsi. Adanya retakan tersebut, menurut Dwikorita, membuat pihaknya khawatir lantaran kondisi bawah laut Gunung Anak Krakatau saat terdapat jurang di sisi barat hingga selatan. "Yang kami khawatirkan di bawah laut curam, di atas landai. Jika retakan tersambung, lalu ada getaran, ini bisa terdorong, dan bisa roboh (longsor)," ujar dia.
Mungkinkah retakan tersebut bisa dikatakan merupakan bukti bahwa sebenarnya penyebab terpisahnya Pulau Jawa & Pulau Sumatera karena aktivitas gerakan tektonik ? Bahkan adanya retakan dari gerakan tektoniklah yang memicu munculnya Gunung Krakatau ? Termasuk meletusnya Gunung Krakatau secara dahsyat beberapa kali beberapa waktu yang lalu ?

Pemisahan Jawa dan Sumatera Terbukti Karena Gerakan Tektonik, Bukan Letusan Krakatau ? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Kabhumian

0 komentar:

Post a Comment