Wednesday, July 10, 2019

Keahlian Tenaga Nuklir Indonesia Melebihi Iran



Gonjang-ganjing nuklir Iran yang maju mundur membuat saya tertarik untuk mencari tahu lebih jauh tentang ketenaganukliran. 

Ternyata keahlian bangsa Indonesia dalam bidang ketenaganukliran sudah melebih Iran yang katanya bisa membahayakan dunia jika memproduksi senjata nuklir. Iran sampai saat ini baru pada tahap pengayaan uranium, kemampuan yang sudah kita kuasai sejak dahulu.

Lalu kenapa Iran dikejar-kejar oleh banyak negara ? 
Jawabannya terletak pada rencana pemanfaatan nuklirnya dan politik internasional.

Walaupun kemampuan kita lebih unggul, tetapi Indonesia tidak pernah mengembangkan nuklirnya untuk membuat senjata. Murni untuk keperluan damai, yaitu untuk penelitian dan pemanfaatan bagi kemanusiaan.

Indonesia adalah negara damai yang mendukung pemakaian nuklir untuk kepentingan damai dan kemanusiaan. Indonesia mengikatkan diri dengan organisasi pengawasan nuklir Internasional IAEA (International Atomic Energy Agency).

Kita pernah memiliki reaktor nuklir yang paling canggih pada jamannya. Yaitu reaktor Nuklir Serpong. Tentunya reaktor tersebut dikelola oleh tenaga ahli Indonesia yang handal.

Pemanfaatan nuklir di negara kita antara lain untuk medis, pemurnian batu mulia, pemuliaan tanaman, radiografi dan lain-lain.

Walaupun negara kita berada di ring of fire yang merupakan wilayah rawan gempa dan rawan bencana, sampai saat ini tidak pernah ditemukan kebocoran radioaktif dari reaktor-reaktor nuklir yang kita punya.

Sekali lagi, Indonesia adalah negara damai yang mendukung penggunaan nuklir untuk keperluan damai.

Keahlian Tenaga Nuklir Indonesia Melebihi Iran Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Kabhumian

0 komentar:

Post a Comment