Sunday, July 7, 2019

Bagaimana Mendapat Profit yang Konsisten & Tidak Gampang Rugi dari Trading



Sebagian trader mungkin memberi anda tips bagaimana menghasilkan uang dalam waktu cepat melalui trading.  Baik trading forex, saham, maupun komoditi. Tetapi seringkali melupakan bahwa hal terpenting pertama dari trading adalah bagaimana anda tidak gampang rugi dan mendapatkan profit yang konsisten.

Tidak gampang rugi dan profit yang konsisten selalu terkait dengan management trading anda ; berapa uang yang akan diinvestasikan, strategi apa yang anda gunakan, kapan anda harus masuk ke trading (entry point), kapan anda harus keluar dari trading, dan kapan anda harus berhenti trading.

Target yang utama tentunya bagaimana anda tidak gampang rugi. Ini bukan berarti anda tidak mungkin rugi. Tidak ada kemenangan yang abadi. Setiap trader profesional pasti pernah mengalami loss / rugi. Yang penting adalah anda harus tau kapan anda harus maju, kapan anda harus mundur tanpa mengalami kerugian. Artinya seandainya anda tidak dapat untung,  yang penting anda tidak merugi, minimal kalaupun rugi, kerugian anda sangat minim.

Target berikutnya adalah membukukan profit yang konsisten. Ini sangat terkait dengan target utamanya, yaitu tidak gampang rugi. Setelah anda menguasai strategi tidak gampang rugi, secara otomatis anda akan membukukan profit. Profit yang konsisten pada akhirnya akan membawa anda pada kemungkinan menjadikan trading sebagai sebuah penghasilan, bahkan menjadikannya sebagai penghasilan utama atau yang disebut trading for life.

Pada akhirnya, setelah anda menemukan strategi yang membuat anda tidak gampang rugi & membukukan profit yang konsisten, maka yang berperan berikutnya adalah psikologis anda sendiri. Perang psikologis, perang menguasai diri anda dari keserakahan.
Bagaimana bisa ? Ya, keserakahan mengacaukan keseluruhan strategi anda.

Ada tiga tipe keserakahan dalam trading :
1. Serakah ingin mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya.
2. Serakah ingin mengejar kerugian yang sudah lewat.
3. Serakah karena ada kebutuhan.

Ketika anda tidak bisa menguasai diri, semua strategi anda akan sia-sia.

Ingat ! Dalam trading tidak ada seorangpun yang benar-benar menguasai pasar. Apalagi bagi kita yang memiliki modal yang kecil atau pas-pasan.

Keserakahan untuk mendapatkan untung sebanyak-banyaknya yang menghancurkan, biasanya dipicu oleh kemenangan berulang beberapa kali, sehingga seorang trader menjadi terlalu percaya diri, bukan sekedar berharap akan tetap terus untung, tapi juga berani mempertaruhkan keseluruhan dana yang ada. Kondisi seperti ini tinggal menunggu waktu kehancuran.

Keserakahan mengejar kerugian juga terpicu oleh keyakinan diri berlebih setelah mengalami loss besar, tetapi merasa bahwa dirinya mampu membalikkan kerugian menjadi profit. Sehingga ketika mengalami loss lagi, trader tersebut berani mempertaruhkan sebagian besar atau bahkan keseluruhan dana dengan keyakinan pasti profit.

Keserakahan karena kebutuhan, juga memicu pertimbangan yang kurang dalam berdagang. Seringkali bahkan melanggar sendiri metode/strategi yang digunakan, baik kondisi pasar maupun indikator yang muncul.
Sekali lagi, jika modal anda kecil & pas pasan, anda harus ingat, pasar tidak bisa dipaksa !

Setelah mendapatkan strategi yang tepat:
1. Lakukan penerapannya secara konsisten.
2.  Pastikan anda tidak melawan pasar
3. Ingat, tidak setiap saat pasar sesuai dengan metode/strategi anda. Sabar & tunggu sampai pasar sesuai dengan strategi anda.
4. Pasang & Lupakan (Set & forget). Sebelum invest; lakukan analisa yang tepat, setelah invest; pasrah apapun hasilnya. Oleh karena, itu jangan pernah invest melebihi kemampuan psikologis anda menerima kerugian. Jangan pernah meletakkan semua dana anda dalam satu kali trading.

Strategi seperti apa yang bisa diterapkan dalam trading ? Banyak strategi yang bisa diterapkan, akan tetapi tidak ada yang mutlak menjamin selalu profit. Maka, kembali ke prinsip utama kita, yaitu menggunakan strategi yang membuat kita tidak gampang rugi dan dapat memberikan keuntungan yang konsisten.

Pada artikel berikutnya akan saya bahas beberapa strategi dalam trading.

0 comments

Post a Comment