Thursday, July 11, 2019

Managemen Keuangan (Money Management) Trading Binary Option



Money management atau manajemen keuangan adalah salah satu hal mutlak yang perlu dilakukan dalam trading supaya anda tidak terpuruk dalam kehancuran finansial. Tanpa money management yang baik, melakukan trading adalah seperti bunuh diri dengan menghabiskan uang anda di meja judi.

Lihat saja, ketika anda pertama kali memasuki situs trading pasti anda akan diingatkan dengan resiko trading yang bisa menimbulkan kerugian bagi anda, walaupun juga menjanjikan keuntungan yang berlipat.

Hanya dengan money management yang baik, anda akan mendapat sukses dari trading, bahkan bisa dijadikan sumber penghasilan utama anda atau 'trading for living'.

Para Trader senior selalu mengingatkan anda untuk menginvestasikan jumlah uang yang anda mampu tanggung kehilangannya. Artinya berapapun yang anda investkan, anda harus siap kehilangan uang tersebut dan siap menghadapi resiko kerugian tersebut. 

Ada banyak cara untuk mengelola keuangan trading anda, termasuk untuk trading jenis option, khususnya binary option.  Berikut ini Contoh Management keuangan trading binary option :

1. Jangan pernah menaruh seluruh uang anda pada satu transaksi trading, biarpun anda sangat yakin dengan momentum saat itu menguntungkan anda. Karena sejago apapun, tidak pernah ada yang pasti di dunia trading ini.

2. Investasikan hanya pada mata uang atau produk yang stabil, tidak fluktuatif. Karena range waktu yang sempit sangat beresiko jika grafik yang fluktuatif dan sulit diprediksi.

3. Jangan terlalu banyak invetasi di mata uang atau produk yang berbeda pada saat yang sama, karena anda akan sulit membagi fokus pada beberapa grafik sekaligus.

4. Lakukan management resiko terlebih dahulu dibandingkan memikirkan keuntungan, artinya :
- Tetapkan berapa jumlah kerugian yang  sanggup anda terima, semisal 7% dari total dana anda.
- Ambil pilihan option biner dengan pembagian profit minimal 70%
- Dengan loss maksimal harian yang bisa diterima sebesar 7%, lakukan langkah investasi anda maksimal 3x dalam sehari. 
>> Invest pertama adalah 1/7 * 7% * TD    -----> TD = Total Dana
>> Invest kedua adalah 2/7 * 7% * TD
>> Invest ketiga adalah 4/7 * 7% * TD
Skenario tersebut disusun sedemikian sehingga : 
Jika anda loss diinvest pertama, profit di invest kedua, dana anda akan kembali utuh.
Jika anda loss pada invest pertama dan kedua, profit di invest ketiga, maka dana anda akan kembali utuh juga.
Jika kesemua trading diatas gagal pada hari itu, dana anda yang hilang maksimal 7% dari Total Dana yang anda miliki. Ini adalah waktu anda untuk berhenti trading pada hari itu dan mereview trading yang sudah anda lakukan tadi.
Oya, jika pada trading pertama, atau pertama & kedua sudah profit dan anda ingin berhenti tanpa melanjutkan ke trading berikutnya, itu pilihan anda.

5. Kunci keberhasilan manajemen keuangan trading adalah telaten dan disiplin dalam menerapkan strategi keuangan yang telah direncanakan. Jangan mengkhianati strategi anda sendiri.

6. Jangan terlalu percaya diri atau jangan terlalu ragu. Jika anda terlalu percaya diri, bisa-bisa anda melanggar strategi keuangan anda sendiri. Misal anda loss di 3 skenario diatas, tetapi loss pada detik-detik terakhir saat invest. Biasanya ini akan membuat anda penasaran dan merasa yakin bahwa di invest ke 4 anda akan berhasil. Ini berarti anda melanggar strategi keuangan anda sendiri. Demikian juga jika anda ragu dalam berinvest, tetapi memaksakan diri sehingga selalu loss disetiap trading, maka secara akumulasi anda akan kehilangan dana anda cukup banyak.

7. Konsep terakhir adalah, kesempatan akan selalu datang ! Jika setelah pengamatan lama ternyata kesempatan trading anda saat entry point (waktu invest) terlewatkan, Jangan kecewa dan terburu nafsu ! Terburu nafsu akan membuat anda kehilangan kontrol terhadap strategi keuangan anda. Ingat situasi yang sama akan datang lagi.

Contoh Strategi Money Management di atas adalah untuk Trading Binary Option, untuk jenis trading yang lain, diterapkan cara yang berbeda. 

Managemen Keuangan (Money Management) Trading Binary Option Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Kabhumian

0 komentar:

Post a Comment